Sunday, April 29, 2012

Pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh NON-MUSLIM..


Islam menentang penyembahan berhala,tapi mengapa kaum muslimin menyembah dan sujud kepada Ka’bah ??

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ka'bah adalah kiblat yakni arah kaum muslimin menghadap dalam solat..Walaupun menghadap Ka’bah dalam solat, tidaklah menyembah Ka’bah. Sebab kaum Muslimin hanya menyembah dan bersujud kepada Allah. Disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 144 :
“ Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya…”
1- Islam menghendaki persatuan

Ketika hendak menunaikasn shalat, biasa jadi ada sebagian yg ingin menghadap ke utara, sedangkan yg lain ingin ke selatan. Untuk menyatukan muslimin dalam beribadah kepada Allah maka kaum muslimin dimanapun berada diperintahkan ke satu arah, yaitu Ka’bah..


2) Ka’bah adalah pusat peta dunia

Kaum muslimin adalah umat pertama yg mengambar peta dunia. Mereka mengambar peta dengan selatan menunjuk keatas dan utara ke bawah. Ka’bah berada di pusatnya. Kemudian ahli barat membuat peta terbalik utara ke atas dan selatan ke bawah. Meski begitu, Alhamdulillah, Ka’bah terletak di tengah2 peta.

3) Tawaf keliling Ka’bah untuk menunjukan keesaan Allah

Ketika kaum muslimin pergi ke Masjidil Haram di Makkah, mereka melakukan tawaf atau berkeliling Ka’bah. Perbuatan ini melambangkan keimanan dan peribadatan kepada satu Tuhan. Sama persis dg lingkaran yg hanya satu pusat maka hanya Allah saja yg berhak disembah.

4) Hadits Umar bin Khathab

Mengenai batu hitam, Hajar Aswad, Umar bin Khathab berkata,” Aku tahu bahwa engkau hanyalah sebongkah batu yg tidak dapat mendatangkan mudarat maupun manfaat. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah menciummu, niscaya aku tidak menciummu”. (Shahih Bukhari II/56 (675)

5) Orang berdiri diatas Ka’bah dan mengumandangkan azan

Pada zaman Nabi, orang bahkan berdiri diatas Ka’bah dan mengumandangkan azan. Bisa ditanyakan kpd mereka yg menuduh kaum muslimin menyembah Ka’bah; penyembah berhala mana yang berdiri diatas berhala sesembahannya..??

No comments:

Post a Comment

Gunakan tatabahasa yang betul sewaktu menulis komentar agar mudah difahami oleh penulis. Terima kasih. :-)

Sila ambil perhatian perkara² berikut :-

1. Tinggalkan nama dan url blog atau laman web anda.(supaya senang penulis nak ziarah) ^__^
2. Sila berhemah di dalam berbahasa.

::Jazakallahhukhairan kathiran::

Ahlan Wasahlan..Salam Ukhwah